Loading...

Apa Fungsi Internet

Apa Fungsi Internet

Bagi pengguna pemula atau yang baru belajar mengetahui tentang internet tentu bertanya-tanya apa saja fungsi internet dan mengapa banyak orang menghabiskan banyak waktu menggunakan media ini.

Internet atau orang biasa menyebutnya 'dunia maya' memiliki banyak fungsi bahkan semakin hari semakin dibutuhkan dalam keseharian kita. 


Internet adalah jaringan global yang menghubungkan satu komputer dengan yang lain. Saling terkoneksinya komputer ini menggunakan Standar internet protocol Suite (TCP/IP) yang memungkinkan terjadinya pertukaran data dan informasi.

Apa fungsi internet? berikut ini adalah beberapa diantaranya

1. Mengakses informasi dan data dengan cepat baik secara penyajian maupun aksesnya.

Dengan internet, kita bisa menyebarkan informasi dengan cepat misalnya melalui website, blog, maupun media sosial seperti forum, facebook dan twitter. Orang lain juga dapat mendapatkan informasi tersebut dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Internet juga identik dengan tempat belajar segala bidang ilmu. Meskipun memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu tetapi penggunaan internet sebagai sarana belajar instan memberikan dampak yang cukup baik.

2. Mempermudah penyimpanan file

Fasilitas penyimpanan cloud mempermudah kita mengunggah file ke tempat penyimpanan dan kemudian mengaksesnya dari tempat manapun dengan cepat.

3. Sebagai media hiburan dimana kita bisa melihat tulisan, gambar, foto, video ataupun bermain game.

Hanya dengan berada di depan komputer, smartphone atau tablet yang terkoneksi dengan internet kita bisa menikmati berbagai macam hiburan misalnya melihat video lucu di youtube, streaming lagu, melihat foto-foto pemandangan dll

4. Media berkomunikasi secara text, suara maupun video

Sudah banyak aplikasi yang membantu kita berkomunikasi secara teks, suara maupun video misalnya yahoo messengger, skype, BBM dsb

5. Media transaksi

kemudahan dalam bertransaksi di internet membuat orang semakin banyak melakukannya. Dengan internet banking seseorang bisa membeli barang-barang yang diinginkan, mengirim uang pada orang lain, membeli pulsa, membayar tagihan bahkan melakukan perdagangan berskala besar.

Secara sederhana internet berfungsi sebagai pertukaran informasi dan mengakses data. Baik buruknya internet tergantung siapa yang menggunakannya karena ia hanyalah media yang dikendalikan oleh manusia. Seperti pisau yang memiliki banyak manfaat namun juga jika digunakan dengan tidak tepat dapat melukai penggunanya maupun orang lain.

Internet menawarkan banyak manfaat dan kemudahan namun tidak sedikit pula potensi masalah yang dapat ditimbulkannya semua tergantung kita sebagai pengguna.
Teknologi 6835843095628983287

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Random Posts