Loading...

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Isu pemanasan global dan dampak buruk perkembangan teknologi yang semakin meningkat beberapa tahun ini membuat banyak orang semakin kreatif menciptakan teknologi ramah lingkungan, mulai dari sumber energi yang terbarukan, pemanfaatan bahan bekas pakai sampai dengan penggunaan teknologi yang tidak merusak lingkungan.

Banyak sekali contoh teknologi ramah lingkungan disekitar kita bahkan mungkin saat ini anda sedang menggunakannya. Dibawah ini adalah beberapa contoh penerapan teknoligi ramah lingkungan


1. Pembangkit listrik

PLTA, pembangkit listrik tenaga angin, Panel tenaga surya adalah beberapa pembangkit listrik yang cenderung tidak meminimalisir kerusakan lingkungan. Berbeda dengan pembangkit listrik dengan bahan bakar fosil yang menghasilkan bahan-bahan pencemar lingkungan.

2. Baterai

Ada baterai yang dapat diisi ulang dan ada baterai yang tidak dapat diisi ulang atau sekali pakai. Baterai yang dapat diisi ulang adalah salah satu bentuk teknologi ramah lingkungan yang paling populer digunakan. Jika tidak ada baterai isi ulang bayangkan berapa banyak sampah baterai yang menumpuk.

3. Bahan makanan organik

Meskipun harganya relatif lebih mahal dari makanan non-organik tetapi menggunakan bahan makanan organik adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Produksi bahan makanan organik tidak menggunakan pestisida maupun pupuk buatan yang berpengaruh buruk terhadap lingkungan.

4. Lampu Hemat energi

Dari lampu pijar, lampu CFL hingga sekarang lampu LED. Efisiensi lampu LED berada di kisaran 80-90% dibandingkan dengan lampu generasi sebelumnya yang artinya lebih banyak energi yang dirubah menjadi cahaya dibandingkan dengan energi yang dirubah menjadi panas.

5. Teknologi informasi

Teknologi komunikasi dan informasi elektronik juga merupakan salah satu bentuk contoh teknologi ramah lingkungan karena dapat mengurangi kebutuhan transportasi dan kertas (paperless). Teknologi informasi elektronik memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat tanpa harus terlalu banyak mengkunsumsi energi.

Teknologi 1536298492495866066

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Random Posts