Loading...

Resiko yang Mengancam Ketika Memakai Headset Terlalu Lama

Bagi anda yang suka mendengarkan music dengan menggunakan headset maka berhati-hatilah mulai sekarang karena ternyata menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama dapat membahayakan pendengaran anda. Meskipun, tak dapat dipungkiri headset memang membuat anda lebih nyaman ketika mendengarkan music karena anda bisa menyetel musik keras-keras tanpa harus mendengar protes dari orang-orang disekeliling anda. Apalagi, anda juga bisa mendengarkan music kesukaan anda sambil menyanyi-nyanyi sendiri di dalam kamar.

Dengan mendengarkan music menggunakan headset, anda juga bisa seperti terhipnotis untuk segera tidur. Mengasyikkan bukan? Padahal bahaya sedang mengancam anda. Untuk itu, anda perlu tahu efek memakai headset terlalu lama. Berikut informasi selengkapnya.

Pertama, efek memakai headset terlalu lama dapat membuat system pendengaran akan mengalami kerusakan. Pada awalnya volume music yang keras yang dihasilkan melalui headset akan membuat rumah siput yang berfungsi untuk menyaring suara yang diterima harus bekerja keras sehingga akan mengalami kelelahan yang sangat. Tentunya, jika kebiasaan itu dilakukan secara rutin, maka pendengaran anda akan terganggu karena rangsangan suara melalui telinga akan sampai di otak dengan lambat.

Kedua, efek memakai headset terlalu lama dapat menyebabkan anda tuli. Masih berhubungan dengan efek yang pertama, suara yang keras tersebut akan membuat organ-organ telinga bekerja dengan keras untuk mengolah suara agar mudah ditangkap oleh otak. Namun, jika organ-organ tersebut terlalu keras dalam bekerja, tentulah lama-kelamaan akan rusak sehingga anda tak bisa mendengar suara sama sekali. Meskipun, dampak memakai headset dengan volume yang keras ini akan anda rasakan dalam jangka panjang.

Terakhir, efek memakai headset terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan pada otak dan yang lebih mengerikan dapat menyebabkan kanker otak. Hal itu disebabkan karena gelombang elektromagnetik yang ada dalam headset tersebut dapat mempengaruhi kerja otak sehingga ia lamban dalam memperoleh rangsangan dan lebih menakutkan dapat merusak system saraf-sarafnya. Maka dari itu, hindari memakai headset terlalu lama, boleh menggunakannya tetapi jangan terlalu sering serta volumenya juga harus disesuaikan dengan pendengaran anda. Semua itu demi kesehatan organ pendengaran dan otak anda, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?
informasi 3542353233620450786

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Random Posts